Cara uji Human hair atau sintetis


Wig dan hair extension tidak lepas dari para pencinta fashion, selain bisa mengubah tampilan dalam hitungan menit, juga menambah kepercayaan diri si pemakai. Bahan baku yang digunakan untuk membuat wig dan hair extension adalah human hair/rambut asli dan synthetic hair/rambut sintetis.

               Dilihat dari kualitas, jelas human hair lebih unggul dari pada rambut sintetis, tetapi harga human hair asli sangat mahal , misal untuk produk wig dengan kualitas human hair yang paling rendah mencapai ratusan dollar US, sampai ke kualitas yang paling bagus mencapai ribuan dollar US, sehingga untuk beberapa kalangan akan menjadi tidak terjangkau harganya.

               Jika anda sudah memiliki human hair, atau ingin membeli produk human hair dan penasaran apakah human hair yang anda miliki atau yang ingin anda beli adalah human hair asli atau palsu maka simak cara praktis berikut untuk menguji keaslian human hair yang anda miliki.

              Sebenarnya, cara yang paling jelas untuk menentukan apakah rambut manusia asli atau palsu (sintetis) adalah untuk melakukan uji mikroskopis untuk mengetahui komposisi kimia dari rambut ekstensi. Namun, karena kebanyakan dari kita tidak memiliki mikroskop atau memiliki gelar dalam ilmu forensik ini mungkin bukan pilihan yang sesuai.

              Industri tekstil melakukan apa yang disebut “membakar serat” sebagai test untuk mengidentifikasi bahan. Tes yang sama dapat dilakukan juga pada rambut.

Caranya:

  1. Gunting beberapa helai rambut dari bagian yang berbeda dari wig atau hair extension. Jika rambut sintetis dan manusia telah dicampur, pengujian satu bagian tidak cukup
  2. Jepit sehelai rambut di pinset. Sulutkan sedikit api ke ujung rambut sampai menyala 
  3. Perhatikan baunya saat membakar rambut. Rambut manusia adalah serat protein yang jika dibakar dengan api maka menghasilkan nyala api yang berkedip-kedip. Rambut asli manusia memiliki bau khas belerang/ bau gosong saat dibakar.  Setelah mengalami pembakaran, maka bagian yang dibakar berubah menjadi gumpalan kecuali jika Anda terus menerus membakarnya maka akan berubah jadi abu.
  4. Serat sintetis seperti nilon atau polyester masing-masing memiliki hasil bakaran yang berbeda. 
  • Serat nilon akan terbakar singkat namun cepat dan kemudian mencair.Saat dibakar menimbulkan percikani api berkilauan yang memiliki dasar warna biru dan oranye diujungnya. Abu yang dihasilkan adalah seperti manik-manik berwarna kuning dan keras. Bau pembakaran seperti sayuran hijau yang direbus atau seperti bau seledri yang dibakar.
  • Serat poliester terbakar dan meleleh pada waktu yang sama dan menghasilkan api berwarna oranye dengan asap hitam, yang berbau manis. Abu yang dihasilkan akan menetes dan lengket bila disentuh sebelum akhirnya akan membentuk menjadi manik-manik hitam yang keras.

Notes::

*Jangan gunakan masker hidung karena masker akan menutupi bau.

*Perhatikan bau, bara dan api yang dihasilkan dari pembakaran.

*Ingatlah untuk membakar per helai dari bagian yang berbeda untuk menguji setiap bagian secara terpisah, untuk membuktikan wig/hair extension human hair yang bersifat campuran.